Alat Pendukung Operasional Komputer

Alat Input
Alat input adalah alat-alat yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah dari luar sistem ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.

Macam-Macam Alat Input Komputer.
·         Keyboard : Berfungsi memasukkan huruf, angka,    karakter khusus serta sebagai media bagi  user (pengguna) untuk melakukan  perintah-perintah lainnya yang  diperlukan.



·         Mouse : Berfungsi untuk memindahkan pointer  atau kursosr secara cepat serta mengatur  posisi kursor di layar.

·         Joystick : Umumnya digunakan sebagai pelengkap  untuk memainkan permainan video yang  dilengkapi lebih dari satu tombol.

·         Scanner : Berfungsi untuk mengopi atau menyalin  gambar atau teks yang kemdian disimpan  dalam memori komputer. Scanner  sebenarnya terbagi atas beberapa jenis  menurut fungsinya. ada yang berfungsi  memindai tulisan dan menyimpannya  dalam format teks, ada yang berfungsi  untuk memindai dan menyimpan dalam  format picture, ada pula yang berfungsi  untuk memindai warna hitam seperti  yang  dilakukan alat periksa kertas ujian.
 
Alat Output
Alat output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi yang dibutuhkan.

Macam-Macam Alat Output Komputer:
·         Printer : Untuk mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.

·         Speaker : Untuk memberikan informasi dalam bentuk suara.


Jaringan
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
Klasifikasi
Berdasarkan skala :
·         Local Area Network (LAN), Cakupan 500 m2
·         Metropolitan Area Network (MAN), Cakupan 1 Kota
·         Wide Area Network, Cakupan 1 Negara
·         Internet, Cakupan dunia

Berdasarkan Fungsi
Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client server dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didekasikan sebagai server sedangkan yang lainnya sebagai server.
·         Client server
Yaitu jaringan komputer yang didekasikan khusus sebagai driver. Sebuah servive atau layanan oleh sebuah komputer atau lebih.
·         Peer to peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di jaringan windows network neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi akses terhadap file yang dimilikinya.

Berdasarkan Topologi
jaringan komputer dapat dibedakan atas:
-          Topologi Bus
-          Topologi Bintang
-          Topologi Cincin
-          Topologi Mesh/Tree
Modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan.

Kartu jaringan 
(Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
NIC fisik
NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express.
Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni:
  • Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).
  • Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalah EthernetToken Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda. Kartu NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/detik, 100 Megabit/detik, 1 Gigabit/detik atau 10 Gigabit/detik.

NIC Logis

·         NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC.



Related Posts:

0 Response to "Alat Pendukung Operasional Komputer "

Posting Komentar